Pengaruh Kemiripan Persepsi, Kemiripan Demografis Atasan-Bawahan, Kualitas Hubungan Atasan-Bawahan, Kepuasan Kerja, dan Komitmen Karyawan terhadap Peringkat Prestasi Kerja


Oleh: DR. Dwi Suryanto ( www.pemimpin-unggul.com )

Sebenarnya agak lama saya mempertimbangkan pertanyaan ini, “akankah saya muat seluruh isi disertasi yang saya tulis atau hanya ringkasan saja?”

Ketika saya menengok di Unpad begitu banyak disertasi atau tesis yang begitu merana karena tidak pernah disentuh orang, apalagi dibaca. Terus apa gunanya naskah ilmiah itu disusun bertahun-tahun jika tidak untuk dibaca dan dimanfaatkan orang lain?

Apakah cukup naskah itu merana kesepian karena ia tidak disentuh, dibuka, dikunyah, bukan saja oleh calon doktor atau calon magister, tapi juga oleh siapa saja yang membutuhkan. Tidak cukup. Naskah itu harusnya bertebaran, membanjiri, membludaki saluran-saluran internet di Indonesia.

Seharusnya naskah-naskah itu hadir nomor satu untuk tiap topik apa pun yang dicari di Google atau Yahoo. Jika itu terjadi, ilmu akan tersebar, kebijaksanaan akan menular, dan siapa tahu, bangsa Indonesia bisa maju dari kejumudan pemikiran yang demikian mencengkeram kita semua, termasuk juga pemikiran para pejabatnya dan anggota dewannya…

Tanpa berpretensi apa-apa, disertasi saya akan saya buka kepada seluruh insan pencinta internet di mana saja. Ketika saya menulis pengantar ini, seolah saya mendengar naskah saya membisikkan penuh haru, “Dwi, mengapa tidak dari dulu engkau hadirkan aku di internet. Aku sungguh rindu menyapa para pembacaku…apa pun komentar mereka, aku tidak peduli. Paling tidak aku bisa memberi setitik warna pada perkembangan ilmu di tanah air tercinta ini…Segera saja tuliskan…jangan terlalu lama…”

Ya, saya akan mengcopy dan mempastekan halaman-halaman itu dalam web ini. Sengaja saya akan tulis per file hanya berisi dua halaman disertasi dengan harapan pembaca bisa membaca halaman demi halaman dengan mudah dan nyaman…

Halaman ini merupakan daftar isi dari disertasi itu. Jadi ketika anda ‘tersesat’ dalam membuka-buka halaman, anda tinggal masuk ke Home dan terus masuk ke daftar isi ini, niscaya anda akan bisa mengikuti disertasi ini dengan mudah.

Pembaca, mohon sabar, disertasi ini total halamannya 236 (tanpa kata pengantar dan daftar pustaka) yang berarti cukup membutuhkan waktu untuk menyusunnya di sini. Jadi ketika anda baru hadir dan melihat hanya belasan halaman, sabar saja. Niscaya seluruh naskah akan hadir dalam web ini.

Selamat membaca, dan jangan lupa ‘share’ juga web ini kepada rekan-rekan anda. Terima kasih, jabat tangan erat – Dwi Suryanto

Latar Belakang Penelitian (hal 1-2)
Reposisi (Repositioning), diterapkan guna menegaskan kembali arah..(hal 3-4).

Dalam anggaran fiskal tahun 2002, USPS memproyeksikan bahwa biaya-biaya akan naik sebesar 3,2 persen (hal 5-6)

SDM, sejak lahirnya sampai ia meninggal, mengalami proses nilai tambah pribadi (hal 7-8)…

Hubungan atasan-bawahan ini oleh Fiedler (dalam Brown; 2001) …(hal 9-10)

Interaksi yang sukses (successful interaction) antara atasan dan bawahan adalah kunci dari berfungsinya organisasi (Graen & Uhl-Bien; 1995) (hal 11-12)

Teori Hubungan Atasan-Bawahan (Leader-Member Exchange) (hal 13-14)

Memiliki karyawan yang memiliki komitmen tinggi merupakan aset yang sangat berharga…(hal 15-16)

Atasan dapat sangat dekat dengan beberapa bawahan yang disebut in-group…(hal 17-18)

Teori pertukaran sosial – social exchange (hal 19-20)

Kualitas hubungan atasan-bawahan berhubungan dengan variabel sikap dan kinerja karyawan (hal 21-22)

Mengetahui pengaruh kemiripan persepsi dan kemiripan demografis (hal 23-24)

Globalisasi dunia bisnis mengubah hakekat bisnis di banyak bidang (hal 25-26)

Pemimpin yang mahir secara politik…(hal 27-28)

Pemimpin sekarang ini menghadapi persaingan global yang hebat(hal 29-30)

Gaya kepemimpinan berupa perintah (directing leadership style) dipakai…(hal 31-32)

Komunikasi kepada karyawan sangatlah penting (hal 33-34)

Sukses dari bisnis yang berskala global tergantung kepada manajemen (hal 35-36)

Hubungan Atasan-Bawahan (hal 37-38)

Mentor juga melaporkan adanya rasa lebih puas (hal 39-40)

Kelompok kerja memungkinkan terjadinya pemeliharaan komunikasi pada hubungan atasan – bawahan (hal 41-42)

Wanita pada dasarnya lebih empati (hal 43-44)

Tinggalkan Balasan

