Bursa Balon Bupati Paluta Ramai, 12 Nama Muncul

Meski Pilkada Padang Lawas Utara (Paluta) baru akan berlangsung 21 Oktober 2008, namun bursa balon (bakal calon) Bupati sudah ramai. Sampai bulan Mei ini sudah 12 nama muncul dan ada yang diusulkan sebagai calon pemimpin Kepala Daerah Paluta yang dimekarkan dari induknya Kab. Tapanuli Selatan sesuai UU No. 37 tahun 2007.
Ke-12 nama itu, adalah Drs Bahrum Harahap, kelahiran Padang Lawas Utara yang saat ini Ketua DPRD Tapsel. Kedua, H. Sarbaini Harahap, putra kelahiran Kecamatan Halongonan Paluta, berlatar belakang sebagai Kasubdit Gakkum Polda Sumut. Selain itu ia pernah anggota DPRD Fraksi TNI/Polri Asahan pada tahun 2004, akan berpasangan dengan H. Riskon Hasibuan. H. Sarbaini Harahap yang disebut-sebut calon favorit itu adalah Ketua Ikatan Keluarga Halongonan (IKH) sejak tahun 1996 sampai sekarang dan Ketua Ikatan Keluarga Masyarakat Tapsel (IKTAS) di Tanjung Sari Medan. Ia juga dinilai berhasil dalam keluarga. H. Sarbaini Harahap yang mempersunting Hj. Khalimatus, SPd Kepala SMPN 11 Medan ini dikaruniai putra/i yaitu Dr. Sri Yanti Harahap (Kadis Kesehatan Kota T. Tinggi), Iptu Bestari Hamonangan Harahap (Kasat Lantas Polres Bengkalis) dan Primadona Harahap SE (Departemen Keuangan).
Balon ketiga yang muncul ke permukaan adalah Hamdani Harahap, SH lahir di Kecamatan Halongonan Paluta, berlatar belakang pengacara dan salah seorang pendiri LBH. Keempat, Drs Usman Hasibuan, seorang pengusaha muda kelahiran Kecamatan Simangambat. Selain itu ia juga sebagai anggota DPRD Sumut. Kelima, H. Irwan Effendi Ritonga, pernah kandidat Bupati Tapsel tahun 2005. Selanjutnya adalah Drs Guntur Hasibuan asal Kecamatan Simangambat. Drs Ramlan Siregar, asal Kec. Padang Bolak dan salah seorang pengurus KNPI Sumut. Drs Sottar Siregar, Ketua BKPRMI Sumut, asal Kecamatan Simangambat. Kesembilan, Doli Siregar, saudara Ari Lottung Siregar, mantan Wakil Bupati Tapsel, berasal dari Kecamatan Padang Bolak Julu diwacanakan ikut dalam Pilkada Paluta. Kesepuluh adalah Samsul Anwar Harahap mantan juara tinju yang saat ini dikenal sebagai komentator tinju di TV berasal dari Padang Bolak Julu, pernah sekolah di P. Siantar dan sekarang tinggal di Jakarta. Selanjutnya adalah Drs Thamrin Harahap, seorang pengusaha asal Padang Bolak Paluta dan Letkol Dalimunthe asal Desa Nagasaribu.
Belum diketahui apakah kedua belas nama ini akan ikut serta dalam pendaftaran balon yang dijadwalkan tanggal 16 Juni 2008 atau nama-nama yang muncul hanya sebatas wacana. (R5/d)

Komentar redaksi: tenyata PALUTA memiliki tokoh-tokoh yang siap pakai..sekarang tugas kita Rakyat untuk menentukan siapa pemimpin PALUTA kedepan.. kenali calonnya..jangan tergiur dengan Slogan-slogan yang Bias..dan mari beri kesempatan Untuk Tokoh MUDA menjadi Pemimpin PALUTA…

2 Tanggapan

  1. hii.. temen – temen and sudare – sudare yang lagi rebutan tuk jadi nomer satu di paluta…

    Klo boleh ngomong cih kepada temen- temen yang benar ingin membangun Paluta.. tak usah rame – rame ingin jadi nomer satu…

    tapi alang kah baiknya klok benar benar udah mapan jadi pemimpin.. nape tak join aje… ngak usah ngabisin duit tuk jadi nomer satu di Paluta…tuh nantinya klo ude terpilih extensi dari pemerintahannya nani tak bagus..

    akhirnya ujung- ujungnya duit alias ( UUD )

    Lagi pulu tapi sorry aje neh dulu sebelum misah dari kab Induk. (Tap- sel ) begitu di ajukan agar pemekaran di lakukan sebahagian teman teman ada yang tak setuju,begitu dah jadi sekarang pada berlomba – lomba jadi nomer satu. itu namanya tidak konsekwen seolah olah kayak pahlawan kesiangan….

    jadi….demi Paluta…agar teman teman yang ingin membangun Paluta dengan niat baik dan tulus.. bergabunglah… agar menjadi satu kesatuan yang utuh… yakin Paluta bisa di bangun dengan SDM yang mapan apalagi di antara nama – nama yang tercantum dah mapan tak perlu rebutan. jadi nomer satu…

    Kemudian tgl 21 Oktober nanti tu kan.. Pesta Demokrasi…?

    Nah. inge..ingek.. daftar rame ..rame…ting.ting…
    tapi bukan Pesta Adat….?

    Nah ini yang perlu di ingat…. nape… perlu salah satu penapsiran…….

    pesta ini adalah amanat dari pemerintah pusat. yaitu pemekaran daerah.. jadi pemerintah pusat memberikan ke sempatan kepada putra daerah… tuk membangun daerah yang di mekarkan.. jadi ini salah satu kesempatan….. yang bagus..

    jadi bukan pesta Adat… ingat.. pesta Demokrasi….

    harus bisa membedakan Hukum Adat dengan Hukum Pemerintahan….

    Paluta adalah orang yang ber Adat…..tapi bukan pesta adat.. tapi pesta Demokrasi…

    Paluta adalah orang yang Demokratis… bukan tak ber adat… ingat…

    harus di pahami kedua kalimat ini… agar tidak terjadi miss comonication di paluta nantinya…

    karena saya yakin Paluta adalah orang yang bermoral. dan bermarga.. berarti kite saudara.. semua tak perlu gondok gondokan…

    Hidup Paluta… satu Kata tetap Jaya… selangkah lebih maju di banding dengan … kabupaten … lainnya. Horaaaaaaaaaaaaaasss ..Lae By. Lakkot. Dalimunthe.S.sos,,(081310095975)

  2. Assalamu ‘alaikum wr wb,

    Sattabi sappulu, sappulu noli au marsattabi tu sudena koum sisolkot na adong di Paluta. Au sebagai warga Paluta (Kec. Batangonang) na adong di pangarattoan merasa sangat bersyukur atas peresmian Kab. Paluta, dan juga bersyukur atas rahmat ni Allah swt palalu niatan sangape pinarsitta ni sude masyarakat Paluta (ima terwujudna Kab. Paluta). Semoga balon2 Bupati nagiot martarung manjadi halak nomor sada (Raja Botton) di Paluta benar2 na marniat giot pamakmurkon Paluta. Semoga inda adong niatan nagiot mancari HAMORAON, HAKAYOAN hanya untuk HAMORAON PRIBADI, HAKAYOAN PRIBADI. Hami sudena bersedia mandukung sanga ise sajo na manjadi Bupati asalkan MARTUJUAN giot MANSEJAHTERAHKON MASYARAKAT PALUTA. Go for excellence …..!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: